Sebuah studi menemukan: Gajah dapat mengukur ancaman dari suara manusia.

By Unknown - Rabu, 12 Maret 2014 No Comments

Menurut sebuah studi yang dirilis pada hari Senin, ternyata telinga besar yang dimiliki gajah dapat memberitahu apakah manusia merupakan ancaman atau tidak. Hanya dengan mendengarkan suaranya dan bisikan yang keluar dari mulut manusia dapat menunjukan berbagai hal. Diantaranya tentang usia, jenis kelamin dan suku.

Para peneliti dari University of Sussex, menguji gajah liar yang ada di Kenya dengan menyetel suara rekaman manusia di hadapan para gajah-gajah liar itu.

"Hasil kami menunjukkan bahwa gajah dapat membedakan antara dua kelompok etnis yang berbeda yang berbeda dalam tingkat ancaman yang mereka wakili," – Pada artikel yang diterbitkan di Proceedings of National Academy of Sciences.

Studi mengatakan, kawanan gajah lebih cenderung banyak dalam posisi defensif mengikuti pemutaran tak suara orang Maasai, sebuah kelompok etnis Afrika Timur yang telah diburu gajah selama berabad-abad, daripada kelompok lain.

"Selain itu, respons ini adalah khusus untuk jenis kelamin dan usia Maasai disajikan, dengan suara Maasai perempuan dan anak laki-laki, subkategori yang umumnya akan menimbulkan sedikit ancaman, secara signifikan kurang kemungkinan untuk menghasilkan tanggapan perilaku ini," menurut studi.

Para peneliti mengatakan temuan disediakan gajah bukti pertama dapat membedakan antara suara manusia, dan menyarankan bahwa binatang lain berusaha untuk menghindari pemburu mungkin juga telah mengembangkan keterampilan ini.

"Mengingat sejarah panjang dan sering meresap ancaman pemangsa yang terkait dengan manusia di seluruh dunia, itu mungkin (kemampuan ini) bisa telah dipilih untuk dalam spesies hewan lainnya kognitif maju," ia berkata.

Tags:

No Comment to " Sebuah studi menemukan: Gajah dapat mengukur ancaman dari suara manusia. "